Tips Membuat Pepes Ikan

Anda suka membuat pepes ikan tapi hasilnya masih tidak sesuai dengan harapan, misalnya masih bau amis dan tidak berbentuk? Sebenarnya ada cara yang mudah agar pepes ikan buatan Anda hasilnya enak dan bagus. Yuk, kita intip caranya.

Ikan yang dipepes harus betul-betul segar dan sudah bersih benar. Karena ikan tidak ditumis dulu sebelum dipepes, sebaiknya ikan dibubuhi sedikit garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis maupun bau anyirnya.

Bersihkan ikan mas dari sisik, insang, isi perut dan siripnya. Beri beberapa sayatan pada badannya. Lumuri dengan air jeruk nipis dan 1/2 sdt garam, biarkan selama 30 menit.

Bungkus ikan bersama bumbu dengan daun pisang, semat kedua ujungnya. Panggang di atas bara api dan di dalam oven sampai matang dan kering (air ikan tidak keluar lagi dari bungkusan).

Selama memepes, gunakan api kecil-kecil saja agar ikan tidak hancur kendati pengukusan berlangsung agak lama. Sementara itu bumbu meresap sampai ke dalam.

Aneka bumbu sesungguhnya bisa diramu untuk ikan pepes, bahkan bumbu yang biasa digunakan untuk opor, rawon, atau kare, cocok, diterapkan pada pepes, malah akan memberi variasi lain yang menyenangkan di lidah. Yang penting lagi, tidak membosankan.

BACA JUGA : Resep Pepes Ikan Mas DISINI
Tags: Tips Membuat Pepes Ikan

0 komentar on Tips Membuat Pepes Ikan :

Posting Komentar